Cara Memperbaiki Power Supply Komputer Tanpa Sihir

Trik Komputer (Surabaya, 2012)

Cara Memperbaiki Power Supply Komputer Tanpa Sihir Power supply merupakan bagian penting dari komputer. Power supply memiliki fungsi untuk menyediakan tenaga bagi seluruh peralatan komputer. Power supply ibarat lumbung pangan bagi seluruh pekerja yang ada dalam komputer. Tanpa bagian power suppy, setinggi apapun spesifikasi komputer Anda tidak akan ada artinya apa-apa. Power supply adalah nyawa dari komputer Anda, yang jika dia rusak, maka kestabilan akses komputer terganggu, bahkan Anda tidak akan bisa mengoperasikan komputer sedikit pun.
Power supply memiliki tugas penting untuk merubah catu daya dari tegangan tinggi ke tegangan rendah yang dikonsumsi oleh komputer. Seperti yang kita tahu bahwa tegangan listrik di Indonesia adalah berkisar di angka 220 V, oleh power supply dirubah menjadi 12 V dan 5 V. Selain itu power supply tidak hanya menurunkan tegangan listrik, tetapi juga merubahnya dari arus tegangan AC (Bolak balik) ke tegangan DC (Searah), karena komputer tidak mengkonsumsi tegangan bolak-balik.
Fungsi power supply ini akan terganggu jika mengalami kerusakan. Adapun persiapan cara memperbaiki power supply adalah sebagai berikut ini :
  1. Persiapkanlah peralatan standar untuk memperbaiki power supply yaitu obeng, tang, dan AVO meter.
  2. Bukalah casing penutup power supply menggunakan obeng.
  3. Ukurlah tegangan input dari listrik stop kontak Anda apakah menunjukkan angka normal 220 V? Jika nol ada kemungkinan kabel powernya putus, ganti kabel tersebut. Atau jika angka tidak sampai 220 V berarti ada penurunan tegangan, cek stabilisator Anda atau kondisi listrik di daerah Anda.
  4. Ukurlah tegangan keluar dari power supply apakah benar sekitar 12 V dan 5 V? Jika tidak cek komponen power supply pada bagian kondensator elektrolitnya.
  5. Berhati-hatilah selama melakukan analisa kerusakan, karena Anda bekerja dengan peralatan listrik. CAMKAN ITU!



Article Information :
Description: Cara Memperbaiki Power Supply Komputer Tanpa Sihir
Reviewer: Unknown - ItemReviewed: Cara Memperbaiki Power Supply Komputer Tanpa Sihir - Rating: 5
10out of 10 based on 32,050 ratings. 1 user reviews.


Anda sedang membaca artikel tentang Cara Memperbaiki Power Supply Komputer Tanpa Sihir dan anda bisa menemukan artikel Cara Memperbaiki Power Supply Komputer Tanpa Sihir ini dengan url http://sakahtc.blogspot.com/2012/04/cara-memperbaiki-power-supply-komputer.html, anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Cara Memperbaiki Power Supply Komputer Tanpa Sihir ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Cara Memperbaiki Power Supply Komputer Tanpa Sihir sumbernya.