Pesona Palembang Kota Tercintaku

Assalamualaikum wr.wb. 
Pesona Palembang Kota Tercintaku - sebelumnya saya sapa dulu nih buat para pembaca setia blog apa kabar semuanya? semoga kabar sahabat-sahabat sekalian dalam keadaan sehat wal'afiat.

nah kali ini blog saya akan mengulas sedikit tentang kota palembang yang bertempat di Provinsi sumatra selatan, dimana kota tersebut ini sendiri kota tempat tinggal saya. oke sekarang lanjut saja deh tentang apa saja sih "PESONA KOTA PALEMBANG" ?? penasaran bukan...:)

Pertama-tama saya awali dulu dari sejarahnya kota palembang, kan nggk mungkin saya jabarkan langsung tentang palembang klo nggk saya jelaskan sedikit mengenai sejarahnya palembang.

Tentang Palembang

Pesona Palembang Kota Tercintaku
 Jembatan AMPERA Di malam Hari

Penduduk Palembang merupakan etnis Melayu dan menggunakan Bahasa Melayu yang telah disesuaikan dengan dialek setempat yang kini dikenal sebagai Bahasa Palembang. Namun para pendatang seringkali menggunakan bahasa daerahnya sebagai bahasa sehari-hari, seperti bahasa Komering, Rawas, Musi dan Lahat. Pendatang dari luar Sumatera Selatan kadang-kadang juga menggunakan bahasa daerahnya sebagai bahasa sehari-hari dalam keluarga atau komunitas kedaerahan. Namun untuk berkomunikasi dengan warga Palembang lain, penduduk umumnya menggunakan bahasa Palembang sebagai bahasa pengantar sehari-hari.

Selain penduduk asli, di Palembang terdapat pula warga pendatang dan warga keturunan, seperti dari Jawa, Minangkabau, Madura, Bugis dan Banjar. Warga keturunan yang banyak tinggal di Palembang adalah Tionghoa, Arab dan India. Kota Palembang memiliki beberapa wilayah yang menjadi ciri khas dari suatu komunitas seperti Kampung Kapitan yang merupakan wilayah Komunitas Tionghoa serta Kampung Al Munawwar, Kampung Assegaf, Kampung Al Habsyi, Kuto Batu, 19 Ilir Kampung Jamalullail dan Kampung Alawiyyin Sungai Bayas 10 Ilir yang merupakan wilayah Komunitas Arab.

Agama mayoritas di Palembang
adalah Islam. Selain itu terdapat pula penganut Katolik, Protestan, Hindu, Buddha dan Konghucu.

Olahraga Sepakbola


Stadion Gelora Jakabaring Sriwijaya dibangun dalam rangka penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional XVI di tahun 2004. Stadion ini terletak di daerah Jakabaring, di bagian selatan Palembang. Bentuk dari stadion diilhami dari bentuk layar perahu terkembang dan diberi nama berdasarkan kebesaran Kerajaan Sriwijaya yang berpusat di Palembang pada masa lampau. Di stadion berkapasitas 40.000 tempat duduk ini pernah digelar dua pertandingan dalam lanjutan Piala Asia AFC 2007. Kota Palembang juga memiliki sebuah klub bola voli bernama Palembang Bank SUMSELBABEL, yang mewakili Indonesia dalam Men's Club Asian Volleyball Championship 2011 di GOR PSCC Palembang.


Kesenian di Palembang
Kesenian Dul Muluk (pentas drama tradisional khas Palembang)
Pesona Palembang Kota Tercintaku


  • Tari-tarian seperti Gending Sriwijaya yang diadakan sebagai penyambutan kepada tamu-tamu dan tari Tanggai yang diperagakan dalam resepsi pernikahan
  • Syarofal Anam adalah kesenian Islami yang dibawa oleh para saudagar Arab dulu, dan menjadi terkenal di Palembang oleh KH. M Akib, Ki Kemas H. Umar dan S. Abdullah bin Alwi Jamalullail
  • Lagu Daerah seperti Melati Karangan, Dek Sangke, Cuk Mak Ilang, Dirut dan Ribang Kemambang
  • Rumah Adat Palembang adalah Rumah Limas dan Rumah Rakit


Makanan Khas Kota Palembang
Pesona Palembang Kota Tercintaku
Pempek Palembang

Pempek, makanan khas Palembang yang telah terkenal di seluruh Indonesia. Dengan menggunakan bahan dasar utama daging ikan dan sagu, masyarakat Palembang telah berhasil mengembangkan bahan dasar tersebut menjadi beragam jenis pempek dengan memvariasikan isian maupun bahan tambahan lain seperti telur ayam, kulit ikan, maupun tahu pada bahan dasar tersebut. Ragam jenis pempek yang terdapat di Palembang antara lain pempek kapal selam, pempek lenjer, pempek keriting, pempek adaan, pempek kulit, pempek tahu, pempek pistel, pempek udang, pempek lenggang, pempek panggang, pempek belah dan pempek otak - otak. Sebagai pelengkap menyantap pempek, masyarakat Palembang biasa menambahkan saus kental berwarna kehitaman yang terbuat dari rebusan gula merah, cabe dan udang kering yang oleh masyarakat setempat disebut saus cuka (cuko).

Pesona Palembang Kota Tercintaku
 Tekwan Palembang

Tekwan, makanan khas Palembang dengan tampilan mirip sup ikan berbahan dasar daging ikan dan sagu yang dibentuk kecil - kecil mirip bakso ikan yang kemudian ditambahkan kaldu udang sebagai kuah, serta soun dan jamur kuping sebagai pelengkap.

Pokoknya lemak nian kato wong palembang(enak sekali. ..:)



Pesona Keindahan Kota Tercintaku
Sungai Musi, sungai sepanjang sekitar 750km yang membelah Kota Palembang menjadi dua bagian yaitu Seberang Ulu dan seberang Ilir ini merupakan sungai terpanjang di Pulau Sumatera. Sejak dahulu Sungai Musi telah menjadi urat nadi perekonomian di Kota Palembang dan Provinsi Sumatera Selatan. Di sepanjang tepian sungai ini banyak terdapat objek wisata seperti Jembatan Ampera, Benteng Kuto Besak, Museum Sultan Mahmud Badaruddin II, Pulau Kemaro, Pasar 16 Ilir, rumah Rakit, kilang minyak Pertamina, pabrik pupuk PUSRI, pantai Bagus Kuning, Jembatan Musi II, Masjid Al Munawar, dll.

Sungai Musi di Palembang
Sungai Musi di Palembang

Jembatan Ampera, sebuah jembatan megah sepanjang 1.177 meter yang melintas di atas Sungai Musi yang menghubungkan daerah Seberang Ulu dan Seberang Ilir ini merupakan ikon Kota Palembang. Jembatan ini dibangun pada tahun 1962 dan dibangun dengan menggunakan harta rampasan Jepang serta tenaga ahli dari Jepang.
Jembatan Ampera di Malam Hari
Jembatan Ampera di Malam Hari

Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, terletak di pusat Kota Palembang, masjid ini merupakan masjid terbesar di Sumatera Selatan dengan kapasitas 15.000 jemaah.
Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang
Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang
Benteng Kuto Besak, terletak di tepian Sungai Musi dan berdekatan dengan Jembatan Ampera, Benteng ini merupakan salah satu bangunan peninggalan Kesultanan Palembang Darussalam. Di bagian dalam benteng terdapat kantor kesehatan Kodam II Sriwijaya dan rumah sakit. Benteng ini merupakan satu-satunya benteng di Indonesia yang berdinding batu dan memenuhi syarat perbentengan / pertahanan yang dibangun atas biaya sendiri untuk keperluan pertahanan dari serangan musuh bangsa Eropa dan tidak diberi nama pahlawan Eropa.
Benteng Kuto Besak (BKB)
Benteng Kuto Besak (BKB)

Kambang Iwak Family Park, sebuah danau wisata yang terletak di tengah kota, dekat dengan tempat tinggal walikota Palembang. Di tepian danau ini terdapat banyak arena rekreasi keluarga dan ramai dikunjungi pada hari libur. Selain itu di tengah danau ini terdapat air mancur yang tampak cantik di waktu malam.
Air Mancur Kambang Iwak
Kambang Iwak

Nah, mungkin itu saja sedikit ulasan mengenai "Pesona Palembang Kota Tercintaku". dimana tempat saya tinggal sekarang. saya akhiri posting kali ini dengan wassalamualaikum wr.wb.

salam hangat dan sahabat selalu dari wong kito ^_^
Kompetisi Blog Pesona Sumatera Selatan
Kompetisi Blog Pesona Sumatera Selatan



Article Information :
Description: Pesona Palembang Kota Tercintaku
Reviewer: Saka Xp - ItemReviewed: Pesona Palembang Kota Tercintaku - Rating: 5
10out of 10 based on 32,050 ratings. 1 user reviews.


Anda sedang membaca artikel tentang Pesona Palembang Kota Tercintaku dan anda bisa menemukan artikel Pesona Palembang Kota Tercintaku ini dengan url http://sakahtc.blogspot.com/2012/04/pesona-palembang-kota-tercintaku.html, anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Pesona Palembang Kota Tercintaku ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda, namun jangan lupa untuk meletakkan link Pesona Palembang Kota Tercintaku sumbernya.